Rabu, 27 September 2017

DASAR-DASAR KOMUNIKASI BISNIS


PENGERTIAN KOMUNIKASI BISNIS
Istilah komunikasi sesungguhnya berpangkal pada perkataan latin Communis yang artinya membuat kebersamaan atau membangun kebersamaan antara dua orang atau lebih. Komunikasi juga memiliki akar kata berbahasa latin Communico yang artinya membagi.
Everett M. Rogers, mendefinisikan komunikasi sebagai suatu proses dimana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi terhadap satu sama lain, yang pada gilirannya akan tiba kepada saling pengertian.

BENTUK DASAR KOMUNIKASI
Bentuk dasar komunikasi ada dua, yaitu komunikasi nonverbal dan komunikasi verbal.
1.     Komunikasi Nonverbal
Komunikasi nonverbal adalah kumpulan isyarat, gerak tubuh, intonasi suara, sikap, dan sebagainya, yang memungkinkan seseorang untuk berkomunikasi tanpa kata-kata (Bovee dan Thill, 2013:4). Menurut Mark Knap, fungsi komunikasi nonverbal adalah :
a.          Meyakinkan apa yang diucapkan
b.         Menunjukkan perasaan atau emosi yang tidak bisa diutarakan dengan kata-kata
c.          Menunjukkan jati diri sehingga orang lain bisa mengenalnya
d.         Menambah atau melengkapi ucapan-ucapan yang dirasa belum sempurna
Dari berbagai studi yang pernah dilakukan, komunikasi non verbal dapat dikelompokkan dalam beberapa bentuk :
a.       Kinesics
Ialah komunikasi non verbal yang ditunjukkan dengan gerakan tubuh. Gerakan tubuh dibagi dalam lima kelompok yaitu :
1. Emblems : isyarat yang memiliki arti langsung pada simbol yang dibuat oleh gerakan badan
2.  Illustrators : gerakan badan untuk menjelaskan sesuatu
3.  Affect display : isyarat yang terjadi karena dorongan emosional
4.  Regulators : gerakan tubuh yang terjadi di daerah kepala
5.  Adaptory : gerakan badan yang dilakukan sebagai tanda kejengkelan
b.      Gerakan mata
Gerakan mata dapat mencerminkan isi hati seseorang.
c.       Sentuhan
Ialah isyarat yang dilambangkan dengan sentuhan badan.
d.      Paralanguage
Ialah isyarat yang ditimbulkan dari tekanan atau irama suara sehingga penerima dapat memahami sesuatu di balik apa yang diucapkannya.
e.       Diam
Diam juga merupakan suatu komunikasi nonverbal yang memiliki arti. Sikap diam sangat sulit diterka dan dapat menimbulkan keraguan. 
f.        Postur tubuh
Manusia lahir dengan berbagai bentuk tubuh. Masing-masing bentuk tubuh dapat menggambarkan karakter orang yang bersangkutan.
g.      Warna
Warna dapat memberi arti terhadap suatu objek.
h.      Bunyi
Jika paralanguage dimaksudkan sebagai tekanan suara dari mulut, maka bunyi yang dimaksudkan di sini adalah suara yang dikeluarkan dari berbagai benda.
i.        Bau
Bau juga merupakan bentuk komunikasi nonverbal. Bau bisa dipergunakan untuk melambangkan status.

2.    Komunikasi Verbal
Komunikasi verbal merupakan suatu bentuk komunikasi di mana pesan disampaikan secara lisan atau tertulis menggunakan suatu bahasa. Berdasarkan aktif atau pasifnya peserta komunikasi, bentuk komunikasi verbal dibedakan menjadi dua, yakni berbicara dan menulis, serta mendengarkan dan membaca.

FUNGSI DAN BENTUK KOMUNIKASI ORGANISASI
Pada dasarnya komunikasi di dalam organisasi, terbagi 3 bentuk:
1.     Komunikasi vertikal
Bentuk komunikasi ini merupakan bentuk komunikasi yang terjadi dari atas ke bawah dan sebaliknya. Artinya komunikasi yang disampaikan pimpinan kepada bawahan, dan dari bawahan kepada pimpinan secara timbal balik.

2.     Komunikasi Horisontal
Bentuk komunikasi secara mendatar, adalah suatu bentuk komunikasi yang terjadi antara sesama karyawan yang sering kali berlangsung tidak formal. Fungsi komunikasi horisontal digunakan oleh dua pihak yang mempunyai level yang sama.

3.     Komunikasi diagonal
Bentuk komunikasi ini sering disebut juga komunikasi silang. Berlangsung dari seseorang kepada orang lain dalam posisi yang berbeda. Dalam arti pihak yang satu tidak berada pada jalur struktur yang lain. Fungsi komunikasi diagonal digunakan oleh dua pihak yang mempunyai level berbeda tetapi tidak mempunyai wewenang langsung kepada pihak lain.

Fungsi komunikasi dalam organisasi         
1.     Fungsi Informatif
Organisasi dapat dipandang sebagai suatu sistem pemrosesan informasi. Maksudnya, seluruh anggota dalam suatu organisasi berharap dapat memperoleh informasi yang lebih banyak, lebih baik dan tepat waktu. Informasi yang didapat memungkinkan setiap anggota organisasi dapat melaksanakan pekerjaannya secara lebih pasti.
2.     Fungsi Regulatif
Fungsi ini berkaitan dengan peraturan-peraturan yang berlaku dalam suatu organisasi. Terdapat dua hal yang berpengaruh terhadap fungsi regulatif, yaitu:
a.   Berkaitan dengan orang-orang yang berada dalam tataran manajemen, yaitu mereka yang memiliki kewenangan untuk mengendalikan semua informasi yang disampaikan. Juga memberi perintah atau intruksi supaya perintah-perintahnya dilaksanakan sebagaimana semestinya.
b. Berkaitan dengan pesan. Pesan-pesan regulatif pada dasarnya berorientasi pada kerja. Artinya bawahan membutuhkan kepastian peraturan pekerjaan yang boleh dan tidak boleh untuk dilaksanakan.
3.     Fungsi Persuasif
Banyak pimpinan yang lebih suka untuk mempersuasi bawahannya daripada memberi perintah sebab pekerjaan yang dilakukan secara suka rela oleh karyawan akan menghasilkan kepedulian yang lebih besar dibanding kalau pimpinan sering memperlihatkan kekuasaan dan kewenangannya.
4.     Fungsi Integratif
Setiap organisasi berusaha untuk menyediakan saluran yang memungkinkan karyawan dapat melaksanakan tugas dan pekerjaan dengan baik. Ada dua saluran komunikasi yang dapat mewujudkan hal tersebut, yaitu:
a. Saluruan komunikasi formal seperti penerbitan khusus dalam organisasi tersebut (buletin, newsletter) dan laporan kemajuan organisasi.
b. Saluran komunikasi informal seperti perbincangan antar pribadi, misalnya; selama masa istirahat kerja. Pelaksanaan aktivitas ini akan menumbuhkan keinginan untuk berpartisipasi yang lebih besar dalam diri karyawan terhadap organisasi.

 PROSES KOMUNIKASI
Proses komunikasi terdiri dari lima tahap kegiatan, yakni :
1.     Pengirim memiliki ide/gagasan
Komunikasi diawali dengan adanya ide/gagasan dalam pikiran seseorang dan kemudian ingin menyampaikannya kepada orang lain
2.     Ide diubah menjadi pesan
Ide/gagasan yang ada dalam pikiran pengirim tidak mudah dimengerti oleh orang lain. Agar dapat dimengerti atau diterima dengan baik, ide/gagasan yang ada dalam pikiran diubah menjadi pesan.
3.     Pemindahan pesan
Setelah ide/gagasan diubah menjadi pesan, tahap selanjutnya adalah memindahkan pesan kepada penerima melalui berbagai bentuk komunikasi dan media komunikasi.
4.     Penerima menerima pesan
Penerima mengartikan atau menginterpretasikan pesan yang diterima
5.     Penerima pesan bereaksi dan mengirimkan umpan balik
Sebagai tanggapan atas pesan yang diterima, penerima akan memberi sinyal. Umpan  balik adalah tanggapan dari penerima pesan dan merupakan elemen kunci dalam rantai komunikasi.

KOMUNIKASI YANG EFEKTIF DALAM PEKERJAAN
Komunikasi akan efektif apabila terjadi pemahaman yang sama dan merangsang pihak lain untuk berfikir atau melakukan sesuatu. Sehubungan dengan komunikasi yang efektif, komunikasi dibedakan menjadi dua, yakni komunikasi individu dan komunikasi massa.
Dalam komunikasi individu, suatu komunikasi dikatakan efektif apabila komunikan mampu memahami pesan sebagaimana yang dimaksud oleh pengirim atau komunikator. Sementara dalam komunikasi massa, komunikasi dikatakan efektif apabila mampu menjangkau komunikan secara lebih luas.

HAMBATAN KOMUNIKASI
Agar dapat saling memahami, komunikator dan komunikan harus memiliki pengertian yang sama mengenai kata, gerakan badan, nada suara, dan simbol-simbol lainnya. Hambatan komunikasi antar manusia bisa berupa :
1.     Perbedaan persepsi bahasa
2.     Pendengaran yang buruk
3.     Gangguan emosional
4.     Perbedaan budaya
5.     Gangguan fisik

Hambatan komunikasi dalam organisasi :
1.     Kelebihan beban informasi dan pesan yang bersaing
2.     Penyaringan yang tidak tepat
3.     Iklim komunikasi tertutup atau tidak memadai

CARA MENGATASI HAMBATAN DAN MEMPERBAIKI KOMUNIKASI
Cara mengatasi hambatan dan memperbaiki komunikasi agar menjadi efektif adalah :
1.Memelihara iklim komunikasi terbuka
2.Bertekat memgang teguh etika berkomunikasi
3.Memahami kesulitan komunikasi antarbudaya
4.Menggunakan pendekatan berkomunikasi yang berpusat pada penerima
5.Menggunakan teknologi secara bijaksana dan bertanggung jawab untuk memperoleh dan membagi informasi
6.Menciptakan dan memproses pesan secara efektif dan efisien.

ETIKA DALAM BERKOMUNIKASI
Dalam setiap pembicaraan yang kita lakukan kepada lawan bicara kita, kita harus memperhatikan beberapa hal atau etika berkomunikasi untuk menjaga perasaan, kepercayaan dan harga diri seseorang terutama pada dunia bisnis atau kerja, yaitu antara lain:
1.  Berbicara dengan suara yang jelas, dalam arti suara tidak kecil maupun tidak terlalu kencang.
2. Tidak berbicara terlalu cepat maupun terlalu lambat.
3. Saat berbicara dengan lawan bicara maupun saat mendengarkan lawan bicara, mata kita harus saling melihat, sehingga tidak terkesan malu ataupun tidak mendengarkan lawan bicara.
4. Berbicara seperlunya, tidak panjang lebar tanpa arti yang jelas ataupun berputar-putar (berbelit-belit)
5. Memberikan kesempatan kepada lawan bicara untuk berbicara, sehingga tidak terkesan mendominasi berbicara.
6.  Jangan menyela atau memutus pembicaraan lawan bicara apabila lawan bicara kita belum selesai berbicara, karena itu akan membuat lawan bicara kita tiak senang dan tidak dihargai.
7. Dalam berkomunikasi diharapkan menjaga emosi kita, yaitu jangan sampai terbawa emosi sehingga marah-marah kepada lawan bicara.
8.   Tidak tertawa secara berlebihan dan terus menerus.
9.  Sebaiknya tidak menguap saat lawan bicara sedang berbicara, karena lawan bicara akan merasa kita bosan dengan pembicaraannya.
10.Tidak mengerjakan sesuatu saat lawan bicara sedang berbicara (misalnya sambil menulis, mengetik, dan lain sebagainya).
11.Menghargai pendapat, masukan atau kritik dari lawan bicara. Artinya tidak langsung membantah.

Rabu, 13 September 2017

Peluang Bisnis syariah di Indonesia

MAKALAH
BISNIS SYARIAH
“BISNIS SYARIAH DI INDONESIA”

DOSEN PEMBIMBING :
Dr. H . Mochamad Edris SE, MM.
Image result for logo muria kudus


DISUSUN OLEH :
FAKULTAS EKONOMI MANAGEMEN PARALEL
(Semester 2)


RISWANDA ALDO SYARIEF                            ( 201611267 )





UNIVERSITAS MURIA KUDUS
Tahun 2016/2017

Kampus Gondangmanis, Dersalam, Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59321
Telepon : ( 0291) 438229, Fax (0291) 437198
Email : muria@umk.ac.id , website : www.umk.ac.id



BAB I
Pendahuluan

A.    Latar Belakang
Di jaman sekarang ini, bisnis makin banyak, kini telah hadir bisnis baru yang bernilai sedekah seperti halnya PAYTREN yang dikelola Ustadz Yusuf Mansur, pada era saat ini sudah serba canggih semua sudah dilakukan dengan menggunakan teknologi. Salah satu dampak dari perkembangan zaman yang canggih adalah kehadiran Internet. Seperti yang kita ketahui kehadiran internet sudah jelas mampu mengubah hidup banyak orang dalam waktu yang singkat. Bahkan kini berbisnis pun bisa dilakukan melalui internet ini. Siapapun dapat Menghasilkan uang dari rumah hanya dengan menggunakan handphone dan internet.
 
B.     Rumusan Masalah
1)      Peluang Bisnis Syariah di Indonesia?
2)      Tantangan Bisnis Syariah di Indonesia?

 C.    Tujuan Pembelajaran
1)      Untuk mengetahui peluang Bisnis Syariah di Indonesia.
2)      Untuk mengetahui tantangan Bisnis Syariah di Indonesia.










PAYTREN

Dalam sistem penjualan aplikasi Paytren, sistem yang digunakan adalah sistem networking atau jaringan yang lebih kita kenal dengan sistem Multilevel Marketing / MLM. Memang banyak dari kita agak alergi dengan istilah tersebut, karena banyak yang (mungkin) pernah merasa "tertipu" atau tidak sukses dalam bisnis MLM. bagaiman kita menyikapi jenis ini
Sebenarnya, MLM hanyalah sistem penjualan saja. Yang paling penting adalah nilai manfaat dari produk itu memang lebih dengan harga yang "wajar". Atau Produk ini memang kita butuhkan. Namun, sebagai seorang Muslim, saya juga perlu mempertimbangkan tinjauan syar'i-nya agar yakin akan dibolehkannya berbisnis paytren ini atau tidak..
Ada dua kaedah yang sangat penting untuk bisa memahami hampir seluruh permasalahan yang berhubungan dengan hukum islam, sebagaimana dikatakan oleh Imam Ibnul Qoyyim:
"Pada dasarnya semua ibadah hukumnya haram kecuali kalau ada dalil yang memerintahkannya, sedangkan asal dari hukum transaksi dan mu'amalah adalah halal kecuali kalau ada dalil yang melarang." (Lihat I'lamul Muwaqqi'in 1/344)
Oleh karena itu, apapun model dan nama bisnis tersebut pada dasarnya dihukumi halal selagi dilakukan atas dasar sama-sama Ridha dan tidak mengandung unsur keharaman. Adapun suatu transaksi bisnis/usaha bisa jatuh kedalam haram apabila memenuhi unsur-unsur sebagai berikut :
·         RIBA
·         GHOROR (adanya spekulasi yang tinggi) dan jahalah (adanya sesuatu yang tidak jelas). Dari Abu Hurairah Radhiallahu Anhu, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalaam melarang jual beli ghoror (HR. Muslim 1513)
·         PENIPUAN
·         PERJUDIAN atau ADU NASIB
·         KEDHOLIMAN
·         Yang DIJUAL memang HARAM
Nah, dalam menghukumi MLM tidak bisa dihukumi secara umum karena memang banyaknya sistem dan bentuk bisnis dalam MLM itu sendiri. Namun, ada beberapa jenis MLM yang jelas keharamannya yang menggunakan sistem sebagai berikut :
1.    Menjual barang-barang yang diperjual belikan dalam sistem MLM dengan harga yang jauh lebih tinggi dari harga yang wajar, maka hukumnya haram karena secara tidak langsung pihak perusahaan telah menambahkan harga barang yang dibebankan kepada pihak pembeli sebagai sharing modal dalam akad syirkah mengingat pihak pembeli sekaligus akan menjadi member perusahaan yang apabila ia ikut memasarkan akan mendapatkan keuntungan secara estafet. Dengan demikian praktek perdagangan MLM mengandung unsur kesamaran atau penipuan karena terjadi kekaburan antara akad jual beli, syirkah sekaligus mudlorobah, karena pihak pembeli sesudah menjadi member juga berfungsi sebagai pekerja yang akan memasarkan produk perusahaan kepada calon pembeli atau member baru. (Lihat Fiqih Indonesia hal: 288)
2.    Calon anggota mendaftar ke perusahaan MLM dengan membayar uang tertentu, dengan ketentuan dia harus membeli produk perusahaan baik untuk dijual lagi atau tidak dengan ketentuan yang telah ditetapkan untuk bisa mendapatkan point atau bonus. Dan apabila tidak bisa mencapai target tersebut maka keanggotaannya akan dicabut dan uangnya pun hangus. Ini diharamkan karena unsur ghoror (Spekulasi) nya sangat jelas dan ada unsur kedloliman terhadap anggota.
3.    Calon anggota mendaftar dengan membayar uang tertentu, tapi tidak ada keharusan untuk membeli atau menjual produk perusahaan, dia hanya berkewajiban mencari anggota baru dengan cara seperti diatas, yakni membayar uang pendaftaran. Semakin banyak anggota maka akan semakin banyak bonusnya. Ini adalah bentuk riba karena menaruh uang diperusahaan tersebut kemudian mendapatkan hasil yang lebih banyak.


4.    Mirip dengan yang sebelumnya yaitu perusahaan MLM yang melakukan kegiatan menjaring dana dari masyarakat untuk menanamkan modal di situ dengan janji akan diberikan bunga dan bonus dari modalnya. Ini adalah haram karena ada unsur riba.
5.    Perusahaan MLM yang melakukan manipulasi dalam memperdagangkan produknya, atau memaksa pembeli untuk mengkonsumsi produknya atau yang dijual adalah barang yang haram. Maka MLM tersebut jelas keharamannya. Namun ini tidak cuma ada pada sebagian MLM tapi bisa juga pada bisnis model lainnya.

MLM yang melakukan kerja dengan poin di atas dinyatakan keharamannya oleh para Ulama dikarenakan hal-hal berikut :
·      Ini adalah penipuan dan manipulasi terhadap anggota.
·      Produk MLM ini bukanlah tujuan yang sebenarnya. Produk itu hanya bertujuan untuk mendapatkan izin dalam undang-undang dan hukum syar'i.
·      Banyak dari kalangan ekonom dunia sampai pun orang-orang non muslim meyakini bahwa jaringan piramida ini adalah sebuah permainan dan penipuan, oleh karena itu mereka melarangnya karena bisa membahayakan perokonomian nasional baik bagi kalangan individu maupun bagi masyarakat umum.


Peluang yang didapat dalam bisnis paytren ini adalah modal sedikit, kerja mudah , hasil melimpah,mewah dan berkah
Tantangannya adalah masyarakat umum baik kalangan anak, remaja, dan dewasa, tapi kini banyak MLM sejenisnya yang mengiming-imingkan yang menjajikan masa depan atau hasil melimpah tapi tidak ada hasilnya





Asumsi saya adalah penjualan Paket Basic seharga Rp. 340.000,- dengan ketentuan bahwa akan mendapatkan USER ID, Password, PIN, Licency Penuh paytren dan Deposit sebesar Rp.15.000,- ini Tidak termasuk dalam poin-poin Keharaman sistem MLM di atas karena beberapa hal berikut:
·         Harga yang ditawarkan adalah termasuk harga yang wajar untuk sebuah sistem aplikasi software dan aplikasi ini justru menawarkan kemudahan dan keuntungan dalam bertransaksi bagi pemakainya
·         Untuk pembelian Paket Basic, member tidak diwajibkan membayarkan sejumlah uang tertentu, karena biaya yang dibayarkan ya hanyalah untuk pembelian paket tersebut. Dalam klausul ketentuan, memang disyaratkan member mereferensikan kepada 2 orang, namun ini sifatnya tidak mengikat karena tidak ditentukan waktunya alias bebas.. Dan tidak ditarget jumlahnya..
·         Tidak ada pemaksaan bagi member untuk membeli produk Treni atau paytren semisal Habspro atau treni power, yang ada malah memang member akan selalu melakukan pembayaran rutin seperti PLN, PDAM, Pulsa dan yang lainnya dengan lebih mudah melalui aplikasi Paytren ini.
·         Tidak ada unsur penipuan karena sistem yang ditawarkan jelas, dan untuk sistem penjualan networking yang ada justru untuk saling menguntungkan antar member.
·         Untuk sistem komisi bagi member yang berhasil menjualkan paket paytren tidak ditentukan semacam target penjualan


4 Hal Keuntungan Yang Akan Anda Dapatkan Dari Bisnis Ini

1.      Profit Besar
2.      Belajar
3.      Beramal
4.      Bersedekah


Kesimpulan

Pada intinya adalah, penjualan Paytren ini murni karena memang aplikasi ini dibutuhkan untuk mempermudah kegiatan kita yang berkaitan dengan pembayaran-pembayaran rutin bulanan. Adapun bagi yang berniat untuk menjadi agen untuk berjualan aplikasinya, harus benar-benar menjelaskan secara jelas kepada calon konsumen tentang keunggulan dan manfaat yang didapat jika masuk ke komunitas Paytren..

Memang perlu hati-hati dalam berbisnis paytren ini kalaau sudah masuk ke iming-iming angka yang terlalu besar seperti yang dijanjikan dalam reward bonusnya. Yang akhirnya kita asal jual-jual saja tanpa memberikan penjelasan yang lengkap. Hanya bersemangat menjaring member saja tanpa memberikan edukasi yang memadai.. Jika ini terjadi maka bisa masuk ke subhat ghoror karena dikhawatirkan konsumen yang kurang paham akan kecewa. Maka, kuatkanlah ilmu dan selalu memberi informasi yang jelas kepada Konsumen itu adalah kata kuncinya..

Kamis, 07 September 2017

seorang penghafal Alquran

Sebuah foto menggetarkan hati netizen viral di Instagram dan muncul di beranda explore (pencarian) di Instagram.

Dalam foto tersebut nampak jenazah pria yang terbaring memejamkan mata sambil tersenyum.

Foto ini diunggah oleh akun Instagram bernama Reza Jannata dan muncul di beranda pencarian foto populer di Instagram.

Sosok pria ini memang tak banyak dikenal oleh banyak orang.

Namun fotonya yang terlihat tenang seperti orang tidur itu, menarik perhatian netizen.

Tak sedikit netizen yang tertegun saat tahu sosok sebenarnya dari pria asal Kudus yang telah dipanggil sang Maha Kuasa ini.

Berdasarkan keterangan foto yang ditulis oleh Reza Jannata, sosok pria tersebut bernama Haris Hilmawan Jundany Al Hafid.

Ia bukanlah seorang pria biasa.

Pasalnya, ia adalah seorang penghafal Alquran.

Berikut ini keterangan foto yang ditulis oleh Reza Jannata.

"Kembalinya jazad seorang Hafidz Qur'an kehadapan-Nya dengan Tersenyum...

إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ
اَللَّهُمَّ اغْفِرْ له وَارْحَمْه وَعَافِه وَاعْفُ عَنْه وَأَكْرِمْ نُزُلَه، وَوَسِّعْ مَدْخَلَاه، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّه مِنَ الْخَطَايَاكَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهاِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ،وَأَدْخِلْهاُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْه مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ .. آمِيّنْ يَا رَ بَّ العَـــالَمِينَ،،
____________________
Innalillahi wainna ilaihi rojiun.

Telah meninggal dunia teman kami Ustadz Haris hilmawan jundany Al Hafidz. jam 11. dikudus.
Beliau Alumni Ma'had Aly Annuaimy Jakarta Selatan.

Menurut laporan beliau sakit sama sperti sakitnya Almarhum Olga Syahputra (meningitis).

Mohon doanya semoga Allah menerima amalnya dan mengampuni dosanya... Amin..," bunyi caption Reza pada foto yang diunggahnya Selasa, (29/8/2017)
'
Mengetahui hal tersebut, netizen ramai-ramai memberikan doa.

"Senyumnya sangat indah , semoga beliau ditempatkan ditempat yang indah seperti hati dan senyumannya . amin ,"

"subhanallah. tersenyum.."

"Masyaa Allah mnghadap Allah dgn wajah trsenyum, smoga husnul khotimah surga mnanti mu.. Aamiin,"

"Subhanalloh sprt tidur, semoga dlm keadaan baik meninggalnya. Aminnn,"

"Subhanallah ,amin ya allah begitu tampan wajahnya,semoga allah tlah menyediakan surga firdaus untuk almarhum.,"

Adapula yang mengaku kenal dengan sosok penghafal Alquran itu.

"Tonggo ku kui min (itu tetanggaku min), lg tinggal nde mou jam 11 siang (meninggal tadi jam 11 siang) .mohon doanyaa .beliau hafidz quran dan pernah mendapat penghargaan dari duta besar arab saudi .alfatihah.." tulis akun bernama Arif.

"Jundani seangkatan aku pas di nuaimy dan Jandal kmren itu. Dia juga yg ngajak aku pertama kali naik gunung & berkali-kali naik gunung sama dia dulu itu.." tulis akun bernama zaynfathon.

Ditelusuri TribunSolo.com, Haris Hilmawan Jundany ini memiliki akun Instagram bernama aljundani.

Dan benar, pada 20 Mei 2017 lalu ia mendapatkan penghargaan dari duta besar Arab Saudi.
Almarhum juga dulunya adalah seorang pendaki dan pecinta gunung.

Sebelum meninggal pada 29 Agustus 2017 pukul 11.00 WIB, pada 1 Agustus 2017 lalu ia memposting foto terakhirnya di Instagram.

Terlihat ia tengah membawa sekarung sampah dari Gunung Merapi.

"Hanya melakukan sebagian kewajiban bagi para pecinta gunung.

"BAWA TURUN SAMPAH"

Perbuatan baik yang ia lakukan semasa hidup, kita doakan semoga mendapat ganjaran dan pahala melimpah dari Allah SWT.

Selamat jalan, Al Jundani..

Meninggal sambil tersenyum. (via TRIBUNSOLO.com)
Meninggal sambil tersenyum. 

Berdasarkan keterangan foto yang ditulis oleh Reza Jannata, sosok pria tersebut bernama Haris Hilmawan Jundany Al Hafid.